TUTORIAL MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Blog ( singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu isinya berupa curhat,berita, komentar-komentar atau hal-hal yang dapat mencurahkan buah pikiran atau ide-ide dari si pembuat blog.

Bagi teman-teman jangan bingung apabila tdk mengetahui bahasa pemrograman dalam pembuatan sebuah website. Apabila teman-teman sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun teman-teman pasti bisa.


Seperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis), seperti halnya yang banyak dijumpai atau yang populer adalah http://www.blogger.com atau http://www.wordpress.com.

Pada kesempatan ini saya akan menguraikan tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1.Pertama-tama teman-teman harus sudah mempunyai alamat email yang nantinya digunakan pada saat pendaftaran awal dalam pembuatan blog.

2.Berikutnya kita menuju situs Google di www.google.com.













3. Kemudian ketiklah alamat www.blogger.com pada kolom address bar sehingga muncul tampilan sebagai berikut dan klik Buat Blog.













4. Kemudian akan muncul tampilan untuk memasukkan akun google seperti di bawah ini dan diharuskan untuk mengisi semua data yang diminta.





















5. Dari tampilan di atas, setelah semua data diisi dengan lengkap, kliklah Lanjutkan dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.





















6. Isilah semua data pada tampilan diatas, kemudian klik Kirim Kode Verifikasi ke Ponsel Saya. Setelah kita menerima kode di ponsel kita, kemudian kode tersebut dimasukkan pada tampilan di bawah ini.





















7. Isilah semua data di atas, kemudian klik Verifikasi dan akan muncul tampilan seperti berikut ini untuk memberi nama Blog Anda. Isilah semua data-datanya dan akhiri dengan meng-klik Lanjutkan
















8. Berikutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan kita diminta untuk memilih Template dalam artian memilih tampilan Blog pada saat Blog sudah siap untuk dijalankan.


















9. Pilihlah salah satu Template pada tampilan di atas kemudian klik Lanjutkan
Dalam hal ini saya memilih Template seperti yang di tunjukkan oleh tanda panah di atas.











10. Pada tampilan di atas dinyatakan bahwa Blog yang kita buat sudah jadi kemudian klik Mulai Blogging untuk memulai menulis sesuatu atau berita di Blog kita. Berikutnya tampilan akan muncul seperti tampilan di bawah ini.















Pada tampilan ini kita bisa langsung menulis sesuatu di tempat yang disediakan untuk ditampilkan di Blog kita dan jangan lupa untuk menulis Judulnya. Setelah apa yang kita tulis selesai dibuat, klik Simpan Sebagai Konsep maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

















Beri tanda rumput pada Blog yang mau ditampilkan kemudian klik Publikasikan Yang Dipilih dan terakhir klik Lihat Blog untuk melihat hasil dari tulisan kita.
















Nah....demikian caranya membuat Blog dan bagi teman-teman yang belum bisa membuat Blog, dapat langsung mempraktekkan cara yang telah saya buat di atas. Selamat mencoba.....


DOWNLOAD


Referensi :
  • http://www.squidoo.com/cara-membuat-blog
  • http://wahyokku.blogspot.com/

8 komentar:

Adis Satwian mengatakan...

BAgus pak pol,,, lanjutkan dengan posting yang bermutu lainnya,,

bukan Pria saja yang mendua,, Wanita juga pintar mendua.. =)

I GEDE MARANATHA mengatakan...

mantab pak pol
inget kunjungi blog saya
di http://juana-maranatha.blogspot.com/
dan inget di follow

Engga Candra mengatakan...

Hmm, sepertinya buat blog di wordpress lebih simple deh,
Kunjungi blog saya http://enggaishere.co.cc

Anonim mengatakan...

mantabs bli, tp udah pernah nyoba wordpress belom...??
hhehehehehe...

(ninggalin jejak)
-----------------------------------
http://ariksasmita.wordpress.com

Septian Masterbil mengatakan...

mantabs nie....
lanjutkan perjuangan na gan...
septian-masterbil(kumpulan pecinta IT)

martika mengatakan...

hehehe....klo di wordpress blm pernah...
kapan2 tak coba men...
ne aja dulu pake, nanti baru nyoba yg lain...
mohon bantuanya karena saya masih belajar

thanks atas saran2nya...

cista mengatakan...

oke... oke kak
akan kucoba....
tapi kok kyknya ribet bgt..

Andi Arsana mengatakan...

Mantab brow....kunjungi juga blog saya http://theyandy.blogspot.com/

Posting Komentar